MEMILAH SAMPAH RUMAH TANGGA SESUAI KATEGORINYA

Oleh : Ghina Aprilia


Teman-teman pasti pernah melihat tempat sampah seperti gambar di atas. Tetapi, apakah sudah membuang sampah sesuai kategorinya?. Upaya  menjaga lingkungan sekitar harus  bermula  dari  diri sendiri dengan  melakukan  hal-hal  kecil, termasuk membuang sampah berdasarkan kategorinya.

 

Jenis-Jenis Sampah

  •  Sampah  organik yang berasal  dari  makhluk  hidup,  baik  manusia, hewan,  maupun  tumbuhan. Sampah organik bisa dikatakan sebagai sampah ramah lingkungan bahkan sampah bisa diolah kembali menjadi suatu yang bermanfaat bila dikelola dengan tepat. Tetapi sampah bila tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan penyakit dan bau yang kurang sedap hasil dari pembusukan sampah organik yang cepat. Sampah organik  sendiri dibagi   menjadi   sampah   organik   basah,adalah sampah   yang   mempunyai   kandungan   air   cukup tinggi.   Contohnya   kulit   buah   dan   sisa   sayuran. Kemudian   sampah   organik   kering   adalah   bahan organik  lain  yang  kandungan  airnya  kecil.  Contoh sampah organik kering di antaranya kertas, kayu atau ranting  pohon,  dan dedaunan  kering. Sampah jenis ini dapat dibuang pada tempat sampah berwarna hijau;
  • Sampah anorganik   adalah   sampah   yang   dihasilkan   dari bahan-bahan non-hayati, baik berupa produk sintetik maupun  hasil  proses  teknologi  pengolahan  bahan tambang  atau  sumber  daya  alam  dan  tidak  dapat diuraikan  oleh  alam,  Contohnya:  botol plastik,  tas plastik, kaleng. . Sampah jenis ini dapat dibuang pada tempat sampah berwarna kuning;
  • Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)  adalah  setiap  limbah  yang  mengandung bahan    berbahaya    atau    beracun    karena    sifat, konsentrasi  dan  jumlahnya,  baik  secara  langsung maupun  tidak  langsung  dapat  merusak  lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia. . Sampah jenis ini dapat dibuang pada tempat sampah berwarna merah.

 

Pentingnya Membuang Sampah Sesuai Kategorinya

Penting bagi kita membuang sampah sesuai kategorinya agar mempermudah proses daur ulang di tempat pembuangan akhir sampah. Selain itu, kita sendiri juga dapat mengolah sampah dengan prinsip 4M. yaitu:  

  • . mengurangi  (reduce),  meminimalisasi  barang  atau material  yang  kita pergunakan;
  •   menggunakan kembali  (reuse),  memilah  barang-barang  yang  bisa dipakai  kembali,       menghindari  pemakaian  barang-barang   yang   sekali   pakai;
  • mendaur   ulang (recycle),   menggunakan   kembali   barang-barang yang  sudah  tidak  berguna;
  • mengganti,  meneliti barang yang kita pakai sehari-hari dengan mengantibarang-barang   yang   hanya   bisa   dipakai   sekali dengan barang yang lebih tahan lama.


References

Anisza Ratnasari, dkk. 2019. "Edukasi pemilahan sampah sebagai upaya preventif mengatasi masalah sampah di lingkungan sekolah." PKM-CSR.

Anonim. 2021. "Pentingnya membuang sampah sesuai dengan kategorinya."

 

Komentar