HALO MATAHARI, KEINDAHAN ATAU BENCANA?

 Oleh : Ghina Aprilia

Pernahkah Anda melihat ke atas dan melihat lingkaran sempurna  seperti cincin di sekitar matahari? Pernahkan Anda bertanya-tanya apakah peristiwa ini menunjukkan akan datangnya sebuah bencana?

Mari kenali peristiwa ini...



Halo adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan.

Fenomena ini tidak ada kaitannya dengan peristiwa bencana alam, seperti gempa bumi. Halo yang terlihat melingkar matahari merupakan hasil pembelokan cahaya matahari oleh partikel uap air di atmosfer. Halo terbentuk karena dispersi butir-butir es atau air pada awan sirrus oleh sinar ultraviolet.

Fenomena halo matahari ini terjadi ketika matahari tepat berada di titik kulminasi paling tinggi di langit.Terjadi karena adanya awan cirrus stratus bersuhu dingin di lapisan atmosfer sekitar ketinggian 6000 meter dari bumi. Ini mengakibatkan terjadi pembiasan sinar hingga membentuk cincin tersebut.

Oleh karena itu, tidak perlu khawatir karena peristiwa halo ini merupakan peristiwa yang normal yang dapat kita amati sebagai suatu keindahan.

 

References

Anonim. 2011. "Halo matahari, bukan pertanda pencana."

Anonim. 2020. "Fenomena halo matahari hebohkan masyarakat Jawa Timur." Tugu Jatim, September 27.

 

 


Komentar