KEINDAHAN BIRUNYA AIR LAUT

 Oleh : Ghina Aprilia


Pernahkah Anda berjalan-jalan di tepi pantai, lalu mengambil air laut dan memasukkannya ke dalam wadah? 
Setelah di letakkan dalam wadah air laut berwarna bening atau tidak berwarna biru.
Darimanakah asal warna birunya air laut?


warna biru yang tampak pada air laut berasal dari pantulan cahaya langit. Jika di pantai, air mungkin akan tampak biru tua saat langit cerah atau tampak abu-abu saat badai. Bisa juga terlihat merah muda saat matahari terbit atau tenggelam. Namun, rona biru pada air juga bisa diciptakan oleh air itu sendiri.

sinar matahari memiliki spektrum penuh warna. Warna cahaya yang berbeda memiliki panjang gelombang yang berbeda pula. Cahaya merah memiliki panjang gelombang yang panjang, serta cahaya biru dan ungu memiliki panjang gelombang terpendek. Ketika sinar matahari mengenai permukaan laut, air laut menyerap gelombang panjang berwarna merah di spektrum cahaya, selain gelombang pendek termasuk warna ungu dan ultraviolet. Sedangkan cahaya lain yang terlihat kebanyakan berbentuk gelombang cahaya biru.

Gelombang cahaya biru diteruskan lebih dalam di air laut, sedangkan cahaya merah dapat dengan cepat diserap oleh air laut. Warna biru bukan satu-satunya warna yang dipantulkan, namun warna biru yang lebih banyak dipantulkan dan juga kuat untuk menembus jauh lebih dalam, sementara warna lain yang energinya lebih rendah seperti warna hijau, kuning dan merah lebih mudah diserap oleh air.

Ketika air laut hanya sedikit, efek warna ini kurang bisa teramati. Pantulan dan serapan tetap terjadi, tapi porsinya sedikit, sehingga airnya terlihat sebagaimana adanya, bening. Ini yang terjadi pada air dalam gelas.

Seberapa biru air laut tergantung pada seberapa banyak laut itu dapat menyerap cahaya. Sebagai contoh, air di dalam gelas terlihat sangat jernih karena tak ada molekul air yang cukup untuk menyerap cahaya. Sedangkan di dalam laut, semakin dalam kita menyelam, semakin biru warna yang terlihat.

Selain itu, warna air laut juga dapat dipengaruh oleh kehidupan organisme yang ada, seperti ganggang laut dan juga mineral yang terkandung pada air laut

 

 

References

Merdeka. 2023. "Mengapa laut berwarna biru? simak faktanya." April 23.

 

Komentar