SIAPAKAH PENYUMBANG TERBESAR OKSIGEN DI BUMI?

 Oleh : Ghina Aprilia


Oksigen merupakan salah satu aspek penting guna menjaga keberlangsungan kehidupan. Kita sebagai manusia sangat membutuhkan oksigen. Pohon merupakan salah satu penghasil oksigen. Seringkali, kita mengenal istilah reboisasi tanaman dan sejenisnya sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas udara.  Namun, apakah pohon sebagai penyumbang tersbesar penghasil oksigen di bumi?

Yuk… simak penjelasan berikut.


Ternyata penyumbanga tersbesar oksigen di bumi bukanlah tanaman. ternyata ada satu lah yang menjadi penyumbang terbesar oksigen di Bumi. Oksigen tersebut dihasilkan oleh fitoplankton yang berada di seluruh perairan bumi. Fitoplankton adalah organisme jenis plankton yang sering disebut sebagai mikroalga. Bagi kebanyakan makhluk laut lainnya, plankton makanan utama bagi mereka.

Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut yang telah mati. Fitoplankton berperan sebagai indikator kontaminasi dan kualitas air. Tidak hanya itu, fitoplankton bisa menyediakan makannya sendiri. Fitoplankton adalah organisme yang menyumbang 80% kebutuhan oksigen yang ada di bumi ini. 

Dengan kemampuannya berespisari menghasilkan gelembung-gelembun oksigen yang terdapat di dalam laut, oksigen tersebut terlepas ke udara dan menjadi gas yang bisa dinikmati oleh seluruh makhluk hidup yang ada.


References

Mukomuko, Team Radar. 2023. "Bukan Tumbuhan! Inilah Penyumbang Terbesar Oksigen di Bumi." Januari 20.


Komentar